Hingga Mei 2023, Realisasi Belanja OPD Makassar Baru Tercapai 12 Persen

MAKASSAR, SULSELPASTI.COM – Realisasi belanja Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar baru tercapai 12,56 persen. Angka tersebut merupakan capaian hingga 2 Mei 2023.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Helmy Budiman menyampaikan itu saat ditemui di Balaikota pada Jumat (12/5/2023).

Dia mengatakan anggaran yang baru dibelanjakan sebesar Rp709,512 miliar dari total Rp5,648 triliun dalam APBD Makassar tahun 2023.

“Realisasi baru 12 persen lebih sampai Mei ini,” ujarnya.

Dia membantah lambatnya serapan anggaran seiring proses pengadaan barang dan jasa terkendala administrasi yaitu e-katalog.

Helmy kemudian meminta agar seluruh OPD terus memacu kinerjanya dan menjalankan program yang telah direncanakan agar bisa memenuhi target yang diharapkan.

Baca Juga: Total Penumpang Arus Balik Pelabuhan Makassar Capai 715.256 Orang

“Penyebab bukan karena sistem e katalog kalau saya rasa,” jelasnya.

Tercatat ada 51 organisasi perangkat daerah (OPD) Makassar, berdasarkan data yang diterima. Terendah yaitu Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar (0,48 persen) dengan realisasi belanja Rp6,018 miliar.

Sedangkan realisasi belanja tertinggi diantaranya Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) dan Dinas Pariwisata. Selanjutnya Kecamatan Biringkanayya, Wajo, Rappoconi dan Kecamatan Panakukang. (*)

Comment