Hubungan Aborigin dan Makassar Terangkum dalam Film ‘Marege: Awaiting Macassan’

MAKASSAR, SULSELPASTI.COM — Kota Makassar mempunyai hubungan emosional yang erat dengan Australia. Terutama dengan Suku Aborogin. Hal ini pun bisa ditelusuri dalam film dokumenter Marege: Awaiting Macassan.

Film ini diproduksi Dinas Kebudayaan Kota Makassar dengan Sky Project Official. Film dokumenter tersebut segera diluncurkan dalam Acara Screening pada Kamis, 28 Desember 2023 besok di CGV Panakukang Square Lt 4, Makassar pukul 10:00 Wita hingga 13:00 Wita.

Sejarah kemaritiman Nusantara bukan hanya meliputi Jalur Rempah tapi juga Jalur Teripang. Jalur ini populer ketika abad 17 menurut Campbell Mcknight dalam catatannya di buku The Voyage of Marege. Namun, dia menambahkan, bahwa terdapat bukti yang menunjukkan perdagangan antara pelaut timur Indonesia dengan penduduk pesisir Australia Utara telah berlangsung jauh sebelumnya.

Hingga kemudian pada tahun 1907, setelah pemerintah kolonial Australia Selatan, memberlakukan undang-undang pajak yang tinggi serta pelarangan pelayaran perahu tradisional, maka terputuslah jalur perdagangan tersebut.

Meski demikian, hubungan yang telah berlangsung berabad-abad ini tersimpan baik dalam ingatan warga Australia Utara melalui tarian, nyanyian, lukisan, bahasa
sehari-hari hingga legenda lokal.

Dalam sejarah modern, upaya menghubungkan kembali relasi antar kedua budaya mulai muncul ke permukaan ketika, pada tahun 1988, sejumlah pelaut Makassar melakukan napak tilas pelayaran Jalur Teripang dengan menggunakan perahu jenis padewakang yang bernama Hati Marege.

Sejak itu, kerja kolaboratif kesenian dan kebudayaan nampaknya menjadi upaya yang signifikan. Meskipun dalam konteks kerjasama kebudayaan Indonesia-Australia secara umum terdapat banyak inisiatif, kolaborasi dan kerjasama antar seniman kedua negara, namun belum banyak dilakukan di wilayah Indonesia timur, termasuk Sulawesi Selatan.

Atas dasar pemikiran inilah Dinas Kebudayaan Kota Makassar mengambil Langkah untuk membuat film dokumenter Marege: Awaiting Macassan. Produksi Dinas Kebudayaan Kota Makassar yang berkolaborasi dengan Sky Project Official yang memiliki tujuan yang penting dan memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat dan budaya. ”

“Pelestarian nilai Sejarah ini tidak hanya untuk generasi saat ini, tetapi juga untuk generasi mendatang. Ini melibatkan tanggung jawab Dinas Kebudayaan Kota Makassar untuk melestarikan dan mengamankan warisan sehingga dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya,” jelas Kadis Kebudayaan Kota Makassar, Andi Herfida Attas.

Andi Herfida berharap dengan langkah Dinas Kebudayaan Kota Makassar ini dapat bermanfaat untuk menjaga nilai-nilai sejarah, dapat mempertahankan keberlanjutan dan keberagaman warisan budaya kita, serta dapat mewariskan pengetahuan dan pengalaman masa lalu kepada generasi yang akan datang.

“Kami menantikan kehadiran anda semua dalam Screening Film Dokumenter Marege: Awaiting Macassan Produksi Dinas Kebudayaan Kota Makassar in collaboration with Sky Project Official yang akan dilaksanakan pada Tanggal 28 Desember 2023 besok di CGV Panakukang Square Lt 4 Makassar Pukul 10:00 sampai 13:00 Wita,” kuncinya. (*)

Comment