Cari Destinasi Liburan Akhir Pekan, Coba ke Museum Kota Makassar

MAKASSAR, SULSELPASTI.COM — Akhir pekan menjadi momen untuk menikmati liburan. Hanya saja, kadang kita bingung mau ke mana.

Destinasi liburan di Kota Makassar memang cukup banyak. Akan tetapi mungkin ada yang bosan mengunjungi destinasi wisata yang itu-itu saja.

Bagi Anda yang ingin liburan sekaligus belajar sejarah, maka tidak ada salahnya mengunjungi Museum Kota Makassar. Di sini, kita bisa melihat banyak hal terkait sejarah dan bukti fisiknya yang dikoleksi.

“Museum Kota Makassar tetap buka di akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Jadi silakan bagi warga Makassar dan Sulsel pada umumnya bisa berkunjung ke sana,” ajak Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Andi Herfida Attas, Sabtu (8/6/2024).

Museum Kota Makassar menjadi situs sejarah yang menyajikan sejarah dari zaman penjajah Belanda dan Jepang hingga masa Kemerdekaan. Hal ini tentunya menjadi identitas serta menyimpan sejarah dan budaya masyarakat.

Dinyatakan demikian, karena Museum Kota Makassar sendiri telah dibangun sejak pemerintahan Belanda. Dan juga menyimpan koleksi sejarah seperti Bola Meriam yang menjadi saksi dari pertempuran Kerajaan Gowa dan Belanda.

Koleksi foto-foto bersejarah dan gedung yang autentik dapat menjadi zona swafoto.

Museum yang dikelola Pemerintah Kota Makassar melalui UPT Museum ini sebelumnya diumumkan ditutup pada 14 November 2023. Penutupan tersebut akibat adanya renovasi.

Setelah direnovasi museum yang mengoleksi sejumlah benda-benda terkait sejarah Kota Makassar itu menawarkan suasana baru.

Diketahui ada 720 koleksi yang ada di museum yang terletak di Jalan Balai Kota, Kelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar tersebut.

Jenisnya macam-macam. Jika diklasifikan, ada sembilan jenis:

Etnografika (203 buah)
Arkeologika (101 buah)
Historika (230 buah)
Numismatika atau heraldika (102 buah)
Keramika (53 buah)
Teknologika (satu buah)
Seni Rupa (24 buah)
Naskah (dua buah)
Prasasti (empat buah).

Comment