Senam dan Jalan Santai Germas Maros Berlangsung Meriah

MAROS, SULSELPASTI.COM — Ratusan peserta meramaikan kegiatan senam dan jalan santai. Kegiatan berlangsung di Lapangan Kecamatan Simbang, Maros, Selasa (7/5/2024).

Senam dan jalan santai yang dihadiri langsung Bupati Maros AS Chaidir Syam, Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari, Ketua Tim Penggerak PKK, Ulfiah Nur Yusuf Chaidir, serta Kepala Badan Pendapatan Daerah, Andi Baso Arman ini merupakan rangkaian Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kegiatan ini diinisiasi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Maros bekerja sama dengan KONI Maros.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maros, M Ferdiansyah. “Peserta yang ikut ada sekitar 500-an orang. Mulai dari warga sekitar maupun perwakilan dari masing-masing kecamatan,” katanya.

Tidak hanya jalan santai, kata dia, pihaknya juga menggelar workshop UMKM bekerja sama dengan Dekranasda dan Kopurindag.

“Ada sekitar 450 UMKM dari 14 kecamatan yang ikut serta. Jadi disini kita hadirkan pembicara sesuai bidangnya langsung. Disini para UMKM diberi kiat cara menghadapi permasalahan UMKM,” jelasnya.

Diakuinya jika pihaknya sengaja melibatkan UMKN dengan tujuan m mendorong pengembangan UMKM sebagai salah satu pilar ekonomi lokal di Kabupaten Maros.

“Apalagi kita ketahui saat ini UMKM di Maros sudah cukup banyak. Nah itu perlu kita dorong pengembangannya. Makanya melalui kegiatan ini kita berdayakan UMKM dengan sengaja menghadirkan mereka,” ungkapnya.

Selain itu, ada berbagai rangkaian kegiatan lain yang digelar. Termasuk “Temu Wicara Maros Keren”. Dimana dalam kegiatan ini masyarakat dari 14 kecamatan diberi kesempatan berbincang seputar kegiatan pembangunan kemasyarakatan dan pemerintahan di Kabupaten Maros.

” Alhamdulillah kegiatan ini sudah kita lakukan di Kecamatan Simbang dan kami bisa mendapatkan berbagai masukan yg baik sambil mengevaluasi pembangunan kita di Kecamatan Simbang,” kata Bupati Maros, AS Chaidir Syam.

Dia menjelaskan jika pagi tadi dimulai dengan kegiatan Germas dengan acara jalan santai terus Festival UMKM dan beberapa pelayanan yang diadakan di Kecamatan Simbang.

” Kita akan mengunjungi semua kecamatan sebagai bentuk monitoring dan evaluasi pembangunan yang telah dilaksanakan sekaligus melihat langsung kegiatan atau proyek-proyek yang sementara berlangsung di semua kecamatan,”pungkasnya.

Sekadar diketahui di lokasi tersebut juga digelar berbagai rangkaian keguatab dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Seperti pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Maros, pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta pelayanan NIB oleh DPMPTSPK Maros.(*)

Comment