Indah Putri Terima Kunjungan Belajar Siswa TK di Ruang Kerjanya

LUWU UTARA, SULSELPASTI.COM — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menerima kunjungan belajar TK Islam Terpadu Ulil Al-baab Masamba di ruang kerjanya, Selasa (21/5/2024).

Kunjungan tersebut diketahui bukan kali pertama dan menurut Indah, kegiatan Field Trip penting sebagai penunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran di luar kelas.

“Kegiatan ini bagian dari kurikulum merdeka belajar. Pendekatannya tidak lagi disarankan mengedepankan baca tulis hitung, tapi lebih ke pendekatan pembangunan karakter, anak-anak diajar tertib, biasa antri, disiplin dan memang sekolah tidak bisa sendiri harus didukung oleh keluarga dan lingkungan,” kata Indah.

“Intinya pembentukan karakter itu dimulai dari rumah yang dikuatkan di sekolah dan lingkungan. Tentu tantangannya sangat berat tapi harus dilakukan sejak dini untuk membentuk karakter baik dan santun,” sambung ibu dua anak ini.

Lebih lanjut, Indah menyampaikan pentingnya pembentukan karakter sebab adab lebih tinggi dari ilmu.

“Nasehat orang tua kita adab lebih tinggi dari ilmu. Itulah kemudian di beberapa negara pembentukan karakter menjadi paling dominan salah satu contohnya di Jepang. Kita bisa lihat budaya anak-anak tertib antri bahkan sampai diajarkan mitigasi bencana karena termasuk negara rawan bencana,” terangnya.

“Jadi di sekolah dan di masyarakat disiapkan untuk siap menghadapi bencana. Dan beberapa tahun terakhir lagi didorong Pengurangan Risiko Bencana berbasis Komunitas (PRBK). Di Luwu Utara sendiri kita juga sudah mulai dengan Sekolah Tangguh Bencana,” jelas bupati yang kini menempuh pendidikan di Manajemen Bencana Pascasarjana Universitas Hasanuddin ini.

Indah pun berharap, dari Field Trip kali ini dapat menginspirasi anak-anak untuk dapat terus semangat bersekolah, dan bercita-cita yang tinggi untuk masa depan yang lebih baik. (*)

Comment