Tim Pendaftaran Cagar Budaya Ukur Bunker yang Diduga Peninggalan Jepang di Makassar

MAKASSAR, SULSELPASTI.COM — Suatu penemuan menarik terjadi di Wiilayah Kantor Instalasi Stasiun Radio Pantai Makassar Kelurahan Tallo, Kec Tallo Sebuah bunker peninggalan Jepang dari era Perang Dunia II secara mengejutkan terungkap di area tersebut (Makassar, 12/06/2024).

Penemuan ini memang mengejutkan karena lokasi yang saat ini, diduga sebagai bunker, sebelumnya telah dijadikan lahan tanam ubi oleh warga komp perhubungan laut.

Lokasi yang diukur lebar 5.30 meter dan panjang 6.80 meter ini kemungkinan besar merupakan situs yang bersejarah atau sebuah bunker peninggalan perang dunia kedua.

Seiring dengan penemuan ini, akan dilakukan ekskavasi penyelamatan jika memang lokasi tersebut terbukti sebagai sebuah bunker.

Langkah-langkah ini diperlukan untuk memastikan bahwa peninggalan sejarah tersebut dapat dipelajari dan dilestarikan dengan baik.

Tim Pendaftaran Cagar Budaya Dinas Kebudayaan Kota Makassar, telah melakukan identifikasi awal dengan mengamati ciri-ciri fisik seperti bentuk dan bahan bangunan.

Hasilnya menunjukkan bahwa ciri-ciri fisik yang ada sesuai dengan ciri-ciri fisik dari bunker-bunker Jepang yang ada disaat ini, seperti bunker amanagappa, bunker pulau lae-lae dan bunker pulau lakkang.

“Meskipun penemuan ini masih baru dan belum dipelajari secara menyeluruh, ini adalah salah satu penemuan bersejarah yang akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami sejarah Kota Makassar,” ujar Hj Haryanti Ramli, Kepala Bidang Pelestarian Sejarah, Tradisi dan Cagar Budaya, Dinas Kebudayaan Kota Makassar. (*)

Comment