Disbud Makassar Partisipas dalam Rapat Prasidang Usulan Penetapan Cagar Budaya Peringkat Nasional

Oplus_0

MAKASSAR, SULSELPASTI.COM — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan menyelenggarakan rapat prasidang untuk usulan penetapan cagar budaya peringkat nasional.

Rapat yang digelar secara hybrid, menghadirkan perwakilan dari berbagai kabupaten/kota, baik secara fisik di Ruang Singosari Kompleks Kemdikbud DKI Jakarta maupun melalui platform Zoom Meeting, Makassar, 8 Mei 2024.

Agenda rapat yang menjadi bahasan dalam rapat ini adalah terkait persiapan pengkajian penetapan cagar budaya peringkat nasional.

Setiap daerah membahas naskah kajian yang menjadi fokusnya. Adapun Kota Makassar, naskah kajian yang dibahas adalah Situs Cagar Budaya Kompleks Makam Pangeran Diponegoro.

Dr. Yadi Mulyadi, MA, selaku TACB Kota Makassar memberikan pandangannya terkait kompleks makam tersebut.

‚ÄúDinas Kebudayaan Kota Makassar dan TACB perlu mendukung proses penyusunan dokumen pengusulan, dengan demikian berkas pengusulan ini akan dikaji oleh TACB Nasional pada 14 Mei yang direncanakan dilaksanakan di Makassar,” ucapnya.

Sementara itu, Hj. Haryanti Ramli, SE, Kepala Bidang Pelestarian Sejarah Tradisi dan Cagar Budaya berharap agar banyak situs lain di wilayah kota Makassar yang juga mendapatkan peringkat nasional.

“Terkait kompleks pemakaman Pangeran Diponegoro, kami berharap agar situs lain dapat mengikuti jejaknya menuju taraf nasional. Semakin banyak situs yang mencapai tingkat nasional, semakin baik pula untuk pelestarian cagar budaya kita,” katanya. (*)

Comment