Gelar Rapat Paripurna, Ketua DPRD Makassar Tekankan Pentingnya Pembahasan LKPj

MAKASSAR, SULSELPASTI.COM – DPRD Kota Makassar menggelar Rapat Paripurna Pertama Masa Persidangan Ketiga Tahun Sidang 2023 yang sebelumnya sempat tertunda, dilanjutkan pada hari ini, Senin (27/5/2024).

Agenda utama rapat paripurna ini adalah penyampaian rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Makassar Tahun 2023.

Hadir dalam rapat tersebut Pimpinan dan anggota DPRD Kota Makassar, unsur Forkopimda Kota Makassar, Pj Sekretaris Daerah Kota Makassar, para OPD lingkup Makassar.

Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Makassar dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo.

Rudianto Lallo menekankan pentingnya pembahasan LKPj ini sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi pemerintah kota kepada masyarakat melalui wakil rakyat.

Beberapa poin penting yang diangkat meliputi perkembangan pembangunan infrastruktur, pelayanan publik, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, serta pengelolaan anggaran daerah.

Pada momentum itu, para anggota dewan berkesempatan untuk memberikan masukan konstruktif guna memastikan bahwa program-program yang dijalankan oleh pemerintah kota benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.

“Kami berharap rekomendasi yang disampaikan dapat menjadi acuan bagi Walikota dan jajarannya untuk meningkatkan pelayanan dan pembangunan di Kota Makassar,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan dedikasi DPRD dalam mengawasi jalannya pemerintahan kota.

Ia juga berkomitmen untuk menindaklanjuti setiap rekomendasi yang diberikan demi kemajuan Kota Makassar menjadi Makassar Kota Dunia, Maju dan Berkelanjutan yang Sombere’ dan Smart untuk Semua.

“Kami pun terbuka terhadap semua kritik dan saran yang membangun. Kolaborasi antara eksekutif dan legislatif adalah kunci untuk mewujudkan Makassar yang lebih baik, saling bekerja sama demi kesejahteraan warga Kota Makassar,” jelasnya.

Selain itu, rapat ini juga menjadi ajang evaluasi bagi berbagai program unggulan yang telah dijalankan pemerintah kota selama tahun 2023.

Para anggota DPRD Makassar memberikan pandangan mereka terhadap keberhasilan maupun tantangan yang dihadapi oleh pemerintah kota.

Diharapkan mampu menghasilkan solusi inovatif untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada.

Dengan kelanjutan rapat paripurna ini, DPRD Kota Makassar dan Pemerintah Kota Makassar menunjukkan komitmen bersama dalam membangun kota yang lebih transparan, akuntabel, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. (*)

Comment