Tari Makkareso Dinas Kebudayaan Makassar Raih Juara pada APEKSI XVII

MAKASSAR, SULSELPASTI.COM — Atraksi kesenian dan budaya dari Kota Makassar tak hanya memukau penonton yang hadir. Tari Makkareso sebagai salah satu persembahan dari Dinas Kebudayaan mampu mengamankan juara.

Gerak tari dalam untaian langkah atraksi Makaresso melalui Sanggar Yayasan Anging Mammiri Makassar berhasil mendapatkan juara harapan III pada event nasional tersebut.

Kepala Bidang Kekayaan Budaya Dinas Kebudayaan Kota Makassar Ludfi Amri, menjelaskan, Tari Makkareso dengan penata tari, Iin Joesoef Madjid dan
penata musik, Abdi Bashit dan Nawir Amin.

“Alhamdulillah, Tari Makkareso ini mendapat apresiasi dari juri dengan diraihnya juara harapan III,” ujar Ludfi, Minggu (9/6/2024).

“Tari ini menggambarkan etos kerja masyarakat Makassar membangun kotanya. Meskipun beragam suku dan etnis yang mendiami Kota Makassar, namun mereka bahu membahu bekerja sama memajukan Makassar menuju Kota Dunia,” tambahnya.

Pemerintah Kota Makassar perkenalkan budaya Makassar dengan tampil istimewa dan khas pada Malam Festival Budaya Nusantara, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII.

Festival kebudayaan bertajuk “Merajut Keberagaman Budaya Mendukung Ibu Kota Nusantara” menjadi puncak kegiatan APEKSI XVII Kota Balikpapan, berlangsung di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Kota Balikpapan pada Rabu malam, 5/6/2024) malam.

Makassar tampil sebagai kontingen ke 9 dari 30 kontingen yang berpartisipasi. Kelompok parade Pemkot Makassar membentang sepanjang 1 kilometer yang terdiri dari 300 orang, dipimpin oleh seluruh Asisten dan Staf ahli Pemkot Makassar, dan juga Kepala Direksi Perusda Kota Makassar.

Kota Makassar juga menampilkan Atraksi Seni seperti penampilan tari Pakarena, Tari Makkareso dan penampilan atraksi Paraga.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Andi Herfida Attas, menjelaskan bahwa konsep parade yang direncanakan memiliki tujuan utama untuk memperkenalkan budaya Kota Makassar yang autentik dan khas.

“Parade ini menampilkan berbagai aspek budaya lokal yang mencerminkan keunikan dan kekayaan tradisi masyarakat suku Makassar. Salah satunya penampilan tari Makkareso yang menggambarkan etos kerja masyarakat Makassar yang tak kenal lelah,” jelasnya.

Kegiatan karnaval budaya Nusantara Sebagai Rangkaian pelaksanaan APEKSI ke 17 dilaksanakan di Kota Balikpapan, yang diikuti 71 Kontingen Kota dari seluruh Indonesia, di gelar pada tanggal 06 Juni 2024 di BSCC DOME Balikpapan. (*)

Comment